SAHABATRIAU.COM — Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai melaksanakan Kuliah Umum Virtual IAITF Dumai Tahun Akademik 2021-2022 bersama Prof Dr KH Said Aqil Husin Al Munawar, Lc MA, Senin (20/9 2021).

Kuliah umum bertemakan tentang membangun kerangka pikir kajian Islam dan Perguruan Tinggi dari Perspektif Maqasid Syariah diikuti lebih kurang 200 lebih peserta melalui links zoom meting.

“Kegiatan ini dikuti, peserta tidak hanya dari kalangan mahasiswa, dosen dan praktisi hukum. Kemudian juga tidak hanya dari Dumai, tapi juga dari seluruh Riau dan dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam menambah wawasan keilmuan kita,” ungkap Rektor IAITF Dumai, Dr H Ahmad Rozai Akbar S.Ag MH dalam sambutannya didampingi Ketua Yayasan IAITF Dumai Dr HM Rizal Akbar S.Si M.Phil, Pembantu Rektor I Dr (Cand) Faisal Nurmantias S.Si ME dan Pembantu Rektor II Windayani S.Pd M.Pd.

Tampak juga hadir diaula Lantai II IAITF Dumai yaitu Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAITF Dumai Dawami S.Sos M.I.Kom, Ketua LP2Q IAITF Dumai Deni Suryanto M.Pd dan sejumlah dosen serta ratusan mahasiswa melalui links zoom.

Dalam pemaparan dan mengawali perkuliahan umum virtual IAITF Dumai, Prof Dr KH Said Aqil Husin Al Munawar, Lc MA mengatakan tentang ada lima faktor dan rahasia yang bisa diungkap dari nabi datang yaitu memberikan petunjuk, memberikan hidayah, memberikan pencerahan, memberikan keselamatan dan mendapatkan kebaikan-kebaikan yang dibawa olehnya.

“Orang tidak berimam pun mendapatkan rahmat. Apa rahmatnya yaitu ditundanya siksaan hingga Nabi Muhammad SAW dibangkitkan pada hari akhir,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, dalam lingkup dengan ilmuan usul fiqih dimana maqasid syariah dimana maksud dan tujuan diturunkan ayat. Agama Islam itu menyatu dengan wahyu yang diturunkan. “Nabi tidak bertutur melainkan sebagai wahyunya Allah SWT. Apalagi tujuanya untuk kemaslahatan ummah baik di dunia mauoun diakhirat,” jelasnya.

Sebelum menutup kegiatan perkuliahan umum virtual, Prof Dr KH Said Aqil Husin Al Munawar, Lc MA juga mendoakan untuk keberhasilan, kemudahan dan kelancaran bagi IAITF Dumai dalam mewujudkan visi dan misi serta apa-apa yang menjadi hajat besar ingin dicapai. Dan mendapat amiin dari seluruh peserta yang mengikuti kegiatan perkuliahan vertual.

‘Semoga Allah SWT memudahkan semua yang dihajatkan oleh yayasan dan rektor dalam mengembangkan IAITF Dumai kedepannya menjadi kampus terunggul dan diberkahi oleh Allah SWT,” ungkapnya. ***

Editor: Wadami

By handal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *